Membuat Artikel yang SEO Friendly & Persuasif sehingga bisa di halaman pertama google dan mendatangkan penjualan
Inti dari artikel yang SEO Friendly adalah:
- Judul mengandung kata kunci
- Isi artikel mengandung 3 kata kunci untuk artikel 350 kata
- Isi artikel mengandung semantic atau kata yang sepadan dengan kata kunci.
- Sebar kata kunci sewajarnya.
- Tulisannya unik
- Format penulisannya rapi. Ada judul, sub judul, penomoran dll.
- Lengkap dengan media seperti gambar dan video
- Ada dua link yang menuju ke artikel lain di website kita dan satu link menuju website lain yang memiliki reputasi yang baik
- Minimal 400 kata
Dan inti dari artikel yang bisa membujuk pembaca agar mau segera membeli produk/jasa kita adalah:
- Menyebutkan masalah pembaca
- Perburuk keadaan jika tidak membeli sekarang
- Kalimatnya persuasif
- Kasih diskon
- Kasih keterbatasan waktu
- Call to action / ajakan untuk segera bertindak (membeli atau mendaftar)
Kita bahas satu-satu.
1. Judul mengandung kata kunci
Jadi pertama kita riset dulu kata kunci yang diketikkan oleh orang-orang di Google. Setelah itu, masukkan kata kuncinya di judul. Misalnya jualan kambing kurban di purwokerto, ya buat kata kunci itu ada di judul. Menjadi:
Jual kambing kurban Purwokerto murah dan bergaransi. 085735888134
Oiya, saya tambahkan nomor telepon di judul itu karena kadang-kadang konsumen ga mau baca isi dari artikel. Jadi bisa langsung klik nomornya dan langsung wa. Tanya-tanya.
Misal jasa renovasi rumah bandung. Menjadi: Jasa renovasi rumah di badung yang profesional dan bergaransi. 085735888134.
Begitu seterusnya.
2. Isi artikel mengandung 3 kata kunci untuk artikel 350 kata
Usahakan kata kunci itu ada di artikel sebanyak 3 kali. Jangan lebih. Ini ikut kaidah sesuatu yang berlebihan malah memperburuk.
Nanti tulisan yang berkualitas, menjual dan persuasif dari kalian saya review satu2. Termasuk tulisan di website pribadi Anda.
3. Isi artikel mengandung semantic atau kata yang sepadan dengan kata kunci
Misal jasa renovasi rumah, ya selipkan juga jasa perbaikan rumah. Misal kambing kurban ya selipkan juga hewan kurban. Misal: Purwokerto = salah satu kota di Bnayumas yaitu puwokerto.
Misal handphone ya ponsel dan lain-lain.
4. Sebar kata kunci sewajarnya
Kata kuncinya ditaruh di awal, tengah dan akhiran artikel. Ingat! sewajarnya. Jangan berlebihan. Kalau berlebihan malah hasilnya buruk.
5. Tulisannya unik
Walaupun Anda tulisannya ngopi, itu boleh. Tapi rubah dulu tulisannya. Jangan persis sis. Nanti dinilai plagiat. Siapa lah yang suka diplagiat karyanya. Ya kan.
Jadi, lakukan parafrasa seperti panduan yang sudah aku buat sebelumnya.
6. Format penulisannya rapi. Ada judul, sub judul, penomoran dll.
Kalau baca buku semuanya huruf kecil semua, ga ada yg tebal, ga ada penomoran, ga ada paragraf, pusing matanya kan? Maka dari itu formatnya harus rapi. Saya sudah share panduannya kan?
7. Lengkap dengan media seperti gambar dan video
Untuk mendapatkan gambar, jangan dengan cara download gambar lalu upload ulang.
Kalau seperti itu, metadata di gambar masih bisa google baca. Jadi ketahuan kalau gambar itu bukan gambar yang unik.
Bagusnya tetap membuat gambar sendiri. Memfoto sendiri. Tapi jika ada keterbatasan, ya pakai screenshoot.
SS gambarnya dan simpan gambarnya dengan nama sesuai dengan judul atau kata kunci.
Misal artikelnya tentang "Jasa renovasi rumah bandung" ya gambarnya kasih nama "Jasa perbaikan atau renovasi di kota bandung". Ga persis sis dengan judulnya juga. Ada bedanya dikit tapi masih masuk, itu lbh baik.
Gambar juga perlu di klik dan di pengaturan dikasih keterangan di bagian Alt Tekt gambar serta tittle gambar. Tulis seperti nama file nya aja ga papa.
Berapa gambar yang bagus?
Dalam 1 bab, baiknya 1 gambar. Misal tentang jasa renovasi rumah, itu nanti ada beberapa bab kan? Bab biaya renovasi, bab cara kerjanya, Bab cara pesannya dll.
Setiap bab 1 gambar, itu malah bagus.
Resize gambar
Jangan upload gambar yang berukuran besar. Itu akan membuat web kita lambat ketika di akses. Dan kita smua tau. Itu ga bagus.
Jadi perkecil ukuran gambar. Caranya gini: Cara memperkecil gambar untuk postingan website.
Di sisi lain, jika gambar berukuran besar, maka hosting akan cepat penuh dan membuat website lambat. Jadi hukum merisize gambar itu sangat wajib.
Kalau memang harus uplad gambar ukuran besar di WP, sebaiknya posting gambar di blogger, lalu salin url gambar dan pasti di postingan WP.
Dengan begitu, hosting WP nya tidak terpengaruh karena gambar di taruh di blogger. Caranya klik di sini.
Anda bisa buat blog baru di blogger yang abal-abal hanya untuk menaruh gambar dan lain-lain.
Ada dua link yang menuju ke artikel lain di website kita dan satu link menuju website lain yang memiliki reputasi yang baik
Ketika kita membuat artikel, buat link yang menuju ke postingan lain di website kita minimal 2.
Misal ada kata "pengacara terbaik" di artikel yang sedang kita buat, jadikan kata itu menjadi link yang mengarah ke halaman utama kita atau ke postingan kita yang lain yang memiliki judul yang sesuai.
Yang ke website kita ada minimal 2 link. Maksimal 3 link.
Kalau yang ke website lain, itu ke website yang sangat terpercaya. Misal wikipedia, Liputan 6. Detik.com dll.
Cari aja kata-kata yang layak untuk dibuat link di artikel Anda. Misal kata Purwokerto, itu dibuat link ke wikipedia yang membahas purwokerto.
Carinya: ketik di google: Purwokerto wikipedia. Buka artikelnya, salin alamatnya, jadikan link di artikel.
Cara membuat link di artikel: baca di sini.
9. Minimal 400 kata
Ini sebenarnya tidak begitu menjadi patokan. Tetapi sering kali artikel yang berada di halaman pertama googel adalah artkel yang jumlahnya minim-minim segitu. Jadi ya tetap kita buat begitu.
Namun jangan dipaksakan. Ketika 100 kata sudah mentok bahasannya, ya sudah. Ga usah ditambah info-info tidak penting agar bisa 400 kata.
Sekarang, artikel yagng membuat pembaca ngebet pengin beli:
1. Menyebutkan masalah pembaca
Silahkan cari artikel para penulis handal yang jualan di website. banyak di antara mereka yang menulis awalannya:
Apakah Anda sedang mengalami xxx???
Anda bosan dengan ayang sdang alamai??
xxx adalah masalahnya.
Sering kan? Ya itu memang teknik untuk menyadarkan pembaca bahwa dia sedang memiliki masalah yang harus di selesaikan.
Jangan di tulisan. Di iklan TV juga hampir semuanya kaya gitu?
Kalimatnya:
Batuk Pak Haji??
Perut kembung??
Kepala ketombean?
Atau kalimat-kalimat lain yang mengingatkan akan masalah.
2. Perburuk keadaan jika tidak membeli sekarang
Penggunaan teknik ini tiddak sesering yang pertama. Misal:
Jangan biarkan buah hati Anda mengalaminya. Segera konsumsi xxx sebelum kondisi makin parah.
Kalimatnya persuasif
Kalimat persuasif adalah jenis kalimat yang dirancang untuk meyakinkan atau mengajak calon pembeli agar melakukan tindakan tertentu, misalnya membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Tujuan dari kalimat persuasif ini adalah untuk menggugah minat dan membuat calon pembeli merasa yakin bahwa produk atau layanan yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan atau masalah mereka.
Misalnya:
"Dapatkan produk eksklusif ini sekarang dengan harga terbatas!"
"Tingkatkan produktivitas Anda dengan layanan kami yang efisien dan handal."
"Tawaran spesial hanya untuk Anda, jangan lewatkan kesempatan ini!"
"Rasakan perbedaan dengan produk berkualitas tinggi kami."
"Dapatkan manfaat luar biasa dari paket promo kami!"
"Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran khusus."
Kalimat persuasif cenderung menggunakan kata-kata yang menarik perhatian, memberikan nilai tambah, dan menunjukkan manfaat yang akan didapatkan oleh calon pembeli.
Kasih diskon
Kalau ini sudah tahu lah ya. Tinggal kasih diskon berapa gitu yang kira-kira masih ada profit.Kasih keterbatasan waktu
Ini yang kadang kelewat. Udah dikasih diskon, ya kasih keterbatasan waktu. Misal " diskon hanya berlaku sampai hari xxx". "Diskon hanya untuk 3 orang pertama". Jangan kelamaan membeli, karena harga bisa naik mendekati hari H" dan lain-lain.
Call to action / ajakan untuk segera bertindak (membeli atau mendaftar)
Ini biasanya berupa tombol. Seperti tombol "Beli sekarang", "daftar sekarang" dll.
Taruh tombol ini di beberapa tempat. Jangan di bawah saja. Kecuali untuk konten yang abal-abal ga papa di bawah saja ajakan untuk bertindaknya.
Karena konten abal-abal kan hanya untuk sharing ke pembaca dan menjaring konsumen dari katakunci yang lain.
Kalau ada yang masuk dari konten abal-abal, itu anggap aja bonus.
Oke, jadi untuk mendapatkan ratusan juta bahkan miliyaran dari google, kita kombinasikan 2 teknik itu. Teknis menuls artikel SEO Friendly dan teknik jualan.
Saya sudah sediakan banyak template untuk ini. Sehingga Anda tinggal ganti saja kalimatnya. Tampilan yang profesional seperti website harga 25 jutaan juga saya sediakan.
Kita praktek ini setelah minimal 30 konten abal-abalnya selesai ya.